Bayi Vegetarian

sehat sejak dini
Subscribe

Archive for November, 2008

Diet Enak Ala Vegetarian

November 29, 2008 By: Pradnyamita Category: Ayo Baca Buku

 Buku yang satu ini nggak sengaja saya temukan saat jalan-jalan ke Gramedia, begitu membaca judulnya saya langsung tertarik untuk membuka lembar demi lembar. Wah buku yang bagus buat nambah informasi everything about vegetarian!!!!! Dan benar-benar surprise, 2 diantara 3 penulisnya sudah saya kenal, dr. Hendry Widjaja, MARS dan Drs. Susianto. Buku yang setebal 127 halaman ini, pas banget buat yang ingin belajar menjadi vegetarian, karena dalam bab tiga mengupas habis tentang menjadi vegetarian itu mudah, plus ngajarin tahap-tahap dan pedoman bagi pemula.

Kenapa harus vegetarian? Apa manfaatnya? Emangnya bisa ngurangi penyakit apa aja? Nah, di bab satu dan dua terjawablah semua pertanyaan itu tadi. Terus banyak mitos vegetarian itu bakalan kekurangan gizi, itu sama sekali nggak benar!!! Nih buktinya, coba liat aja halaman 13 dalam buku ini, yang namanya protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, kedelai, sereal, nasi, jagung, buncis dan lain-lain. Sedangkan kalsium bersumber dari sayuran hijau tua, bayam, sawi, brokoli, rumput laut, dan buah-buahan kering. Untuk Zat besi, kita bisa memperolehnya dari tempe, kedelai, kacang hijau, daun kacang panjang, kacang merah dan sebagainya, sedangkan kebutuhan akan vitamin B12 bisa didapatkan dari makanan yang telah difortifikasi, untuk para vegan viatmin B12 dapat diperoleh dari sereal (cornflakes). Bagaimana dengan nutrisi dalam menu vegetarian? Jangan kuatir, buku ini dilengkapi info penting kandungan nutrisi dalam bumbu, buah dan sayur, yang pastinya akan menepis keraguan kita tentang kandungan gizi pada menu vegetarian.

Di bab terakhir buku ini adalah bagian faforit saya, resep masakan vegetarian. Ada 55 macam jenis resep yang disajikan, dan semuanya begitu lezat tercermin dari foto-foto yang ditampilkan secara apik. Karena buku ini di peruntukan untuk semua vegetarian lovers ( mulai yang lacto, lacto ovo, dan vegan), maka tak heran jika beberapa resep ada yang menggunakan telur. Namun juga tak sedikit resep yang diperuntukan untuk para vegan, yang sama sekali tidak menggunakan produk hewani. Rasanya buku ini pas banget menempati daftar koleksi buku anda, karena selain sarat informasi, buku ini akan menambah kepercayaan diri kita tentang bagaimana menjalani vegetarian. (referensi)

Alpukat, sumber lemak untuk vegetarian

November 28, 2008 By: Pradnyamita Category: Kesehatan, Sayur dan Buah


Lemak yang paling sehat adalah yang bersumber dari nabati, dan sebaliknya lemak hewani merupakan sumber segala penyakit. Salah satu lemak nabati yang sangat digemari adalah buah alpukat, lemaknya untuk para kaum vegetarian. Alpukat sangat kaya lemak yang bersifat tak jenuh tunggal oleat atau lemak sehat, yang artinya aman dikonsumsi oleh tubuh karena bisa berfungsi sebagai antioksidan, plus nggak nyebabin overweight!!! Selain itu lemak dalam alpukat berperan banget dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mengurangi serangan stroke plus serangan jantung.

Kandungan nutrisi dalam buah alpukat meliputi vitamin C, vitamin A, vitamin E, zat besi, sodium, mineral kalium, fosfor, mangan, asam folat, serat selulose, dan potassium. Semua zat itu nggak cuman nampang beken aja dalam buah alpukat, tapi mereka punya tugas masing-masing untuk tubuh kita. Contohnya, zat besi tugasnya untuk buat sel darah merah dan mencegah anemia, Vitamin A, C dan E tugasnya untuk melembutkan kulit dan kesegaran rambut, lemak dalam alpukat tugasnya untuk memperlancar aliran darah plus mengendalikan hipertensi, serat selulose nya bertugas untuk mencegah diabetes, dan asam folat ditugaskan untuk membentuk jaringan kolagen.

Banyak banget kan manfaat yang bisa didapatkan dengan makan 1 buah alpukat saja. Ini merupakan buah wajib yang harus dikonsumsi untuk para vegetarian guna mencukupi kebutuhan lemak dalam tubuhnya. Paling tidak makanlah alpukat seminggu sekali, dan ada baiknya mengkonsumsi alpukat dalam bentuk segar, karena kandungan nutrisinya yang masih terjaga dengan baik. Namun bila anda ingin lebih bervariasi, bisa disajikan dalam bentuk salad, jus, atau puding. Hmmm, lezatnya buah alpukat…..!!!

Makanan pada setiap tahapan umur bayi vegetarian

November 26, 2008 By: Pradnyamita Category: Kesehatan, Menu anak

Departemen Kesehatan merekomendasikan menyusui dengan ASI adalah sampai enam bulan, dan secara berangsur-angsur diperkenalkan pada makanan sambil tetap melanjutkan ASI. Jika anda tidak dapat memberikan ASI, atau mengkombinasikan antara ASI dan susu formula, maka masih tetap bisa diselingi dengan pemberian makanan padat. Namun jika anda memilih untuk memberikan makanan padat sebelum enam bulan, maka berkonsultasilah dulu pada ahli gizi atau dokter anak. Berikut tahapan pemberian makanan/menyapih pada bayi:

 

Tahap Pertama

Mulailah dengan perkenalan sendok teh/ atau sendok kecil satu kali sehari. Nasi bubur, dikombinasikan dengan ASI atau susu formula. Bubur buah seperti buah apel, pisang, persik, bubur sayuran seperti kentang, ubi manis, wortel, bayam, brokoli.

Tahap Kedua

Secara berangsur-angsur tambahkan makanan padat menjadi tiga kali sehari. Dilanjutkan dengan makanan sehari-hari dan tambahkan kacang-kacangan yang dilembutkan, plus perbanyak variasi buah dan sayur, seperti alpokat dan sayuran hijau.

Tahap Ketiga

Zat besi yang tersimpan pada enam bulan pertama saat bayi baru lahir akan menjadi permulaan untuk segera habis, oleh karena itu anda memerlukan ekstra pada makanan yang kaya akan zat besi. Mulai sekarang anda dapat memberikan terigu, gandum, tahu, kacang yang dilembutkan, susu, produk susu, yogurt dan sayuran.

Tahap Keempat

Kita bisa memberikan makanan yang bisa dipegang oleh jari-jari bayi, seperti wortel rebus, roti panggang, mentimun kupas, buncis, kentang rebus, roti berbentuk stik, atau keju persegi. Makanan keluarga yang dilembutkan, dicincang atau diiris juga dapat diberikan, asalkan jangan ditambahkan garam. (more…)

Nasi Goreng Sayur Ham Vegetarian

November 25, 2008 By: Pradnyamita Category: Dapur Vegetarian, Menu anak

Kalo nasi sisa tadi malam masih ada, enaknya diapain ya? Digoreng aja yuuk….

Gampang banget, siapin bahan sayurnya seperti, wortel, jagung manis, buncis dan sawi. Semua sayur tersebut di cacah halus. Lalu siapin Ham vegetarian, (tersedia di toko bahan masakan vege), dicincang halus. Untuk bumbu halusnya siapin bawang merah 4 siung, bawang putih 1 siung, kemiri 2 biji, ketumbar dikit aja, lombok besar 2 biji, (kalo suka pedes tambahkan lombok kecil sesuai selera), garam, penyedap vege, gula dikit, udah itu aja, langsung diuleg sampai halus.

Nah bikinnya, siapin minyak goreng, tumis bumbu halusnya sampai harum, trus masukkan sayur yang udah dicacah halus, aduk-aduk hingga sayur agak layu, trus masukkan ham, aduk lagi sebentar. Lalu masukkan nasi, dan aduk hingga tercampur rata. Bisa ditambahkan mentimun atau sambal lalapan plus kerupuk sebagai teman penyajiannya. Bisa disajikan untuk bekal sekolah anak, sarapan pagi, bekal ke kantor atau jamuan selamat datang untuk tamu. Gampang banget kan, ayo vegetarian, ayo bikin nasi goreng sayur ham, dasyaaaat….!!!!

Bagaimana cara mengenalkan vegan / vegetarian kepada bayi?

November 22, 2008 By: Pradnyamita Category: Cerita anak, Kesehatan, Menu anak

Pola makan vegan, lebih banyak membatasi makanan daripada vegetarian, seperti susu, telur, keju, madu dan produk-produk turunannya. Seorang vegan tidak akan memakan apapun yang berasal dari hewan, termasuk chochineal (zat pewarna merah). Vegan bisa dilakukan pada bayi, tetapi kita harus merencanakan secara baik mengenai nutrisi dan jenis makanan yang bervariasi setiap waktunya secara terus menerus. Perhatian khusus tertuju pada kebutuhan makanan yang kaya nutrisi seperti protein, kalisum, vitamin B12 dan vitamin D pada pola makan vegan ini.

 

Protein ada pada kedelai, biji-bijian, kacang-kacangan, soya. Kalsium terdapat pada tahu, produk soya, yogurt, sayuran berdaun gelap, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan. Vitamin B12 terdapat pada margarin, biji-bijian, dan produk soya. Sedangkan sinar matahari pagi yang mengenai kulit akan memproduksi vitamin D secara alami didalam tubuh (kita perlu tahu bagaimana cara berjemur yang aman untuk bayi).

 

Perlu diingat, sampai umur satu tahun, kebutuhan nutrisi bayi terdapat pada ASI atau susu formula vegan (susu formula kedelai). Jika bayi anda pemakan yang rewel, atau pola makannya dibatasi untuk alasan lain, anda bisa melanjutkan dengan ASI atau susu formula. Selalulah berkonsultasi dengan dokter anak, dan seringlah membaca atau mencari info mengenai gizi anak, untuk memastikan kebutuhan nutrisi yang terbaik untuk bayi anda. (referensi)

 


Switch to our mobile site