Bayi Vegetarian

sehat sejak dini
Subscribe

Archive for December, 2008

Ingin IQ anak tinggi? Jadilah vegetarian

December 28, 2008 By: Pradnyamita Category: Cerita anak, Serba Serbi Bayi & Anak

Jinhao lulus Wisuda 

 

Siapa bilang kalo jadi vegetarian nggak akan bikin pinter? Wah anggapan seperti itu adalah salah besar. Contoh nyatanya bisa dilihat di semua profil bayi dan anak vegetarian dalam blog ini, dan hampir sebagian dari mereka sudah vege sejak dalam kandungan. Vegetarian sama sekali nggak menghambat intelektualitas anak, Dr. Catherine Gale seorang ilmuwan di Universitas Southampon, Inggris, menjelaskan bahwa mereka yang cerdas sejak kecil, pada usia sekitar 30 tahun, kemungkinan pada usia tersebut akan menjadi vegetarian dibandingkan mereka yang kurang cerdas. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa pola makan dari 8200 orang lebih yang berusia 30 tahun, yang sudah diukur IQ-nya ketika mereka berumur 10 tahun. Hasilnya menunjukkan sebuah korelasi antara IQ dan vegetarian.

 

Anak-anak ber-IQ tinggi saat memasuki masa remaja memiliki risiko penyakit kardiovaskular lebih rendah. Hal ini bisa menjelaskan kaitan antara kepintaran dan kesehatan. “Orang dengan otak cerdas cenderung memiliki pola makan lebih sehat,” kata peneliti senior, Catharine Gale yang memimpin riset. Anak-anak dengan IQ (Intelligence Quitient) tinggi, cenderung akan tumbuh menjadi seorang vegetarian atau hanya makan sayuran. Jadi ayah dan ibu, berikanlah contoh memakan sayuran dan buah setiap hari dirumah, agar anak juga cepat meniru, karena kebiasaan anak dilihat dari kebiasaan orangtuanya. Jangan kuatir dengan vegetarian, hiduplah sehat sejak dini, ayo pupuk IQ anak supaya tinggi dengan vegetarian. (referensi).

Meigha, anak vegetarian yang selalu juara kelas

December 28, 2008 By: Pradnyamita Category: Cerita anak, Global Warming, Profile

Meigha

 

Meigha adalah salah satu contoh dari sekian banyak anak-anak vegetarian yang memiliki prestasi luar biasa disekolah. Sejak menduduki kelas 1 hingga kelas 6 SD, di SD Kristen Tiara Kasih Jakarta, Mei mei, panggilan kesayangannya, selalu menempati rangking 2 atau 3. Mei mei tidak merasa canggung berada diantara teman-teman yang non vegetarian, “ Kalo ada acara makan-makan dan nggak ada makananan vege nya, biasanya aku hanya minum saja, dan teman-teman udah terbiasa dengan hal itu “ kata Meigha. Bernama lengkap Meigha Padma, putri tunggal dari pasangan Ayanda Ady Widjaja dan Ibunda Susanti Wibowo ini, sudah menjalani vegetarian sejak tahun 2005. Putri cantik ini sangat menggemari bermain piano dan membaca buku, dan hobinya ini sama sekali tidak menggangu aktivitas belajarnya. Saat Ibunda Santi ditanya mengenai perkembangan fisik dan intelektual Meigha selama menjadi vege, beliau menjawab “ Menjadi vegetarian, tidak mengganggu perkembangan fisik maupun kepandaian Meigha, selama di sekolah. Mei mei selalu mendapat juara kelas, selain itu mendapat juara 3 lomba main piano, juara 1 baca puisi, dan beberapa kali mendapat piala dari tempat les kumon karena dia sudah belajar matematika setingkat SMU , jadi sama sekali tidak ada masalah dengan vegetarian.“

 

Ibu Santi dan MeighaLahir pada tanggal 19 Mei 1997, Mei mei diakui sang Ibunda sangat jarang sakit, “Saya sangat memperhatikan asupan gizi yang baik dan seimbang, untuk Mei mei, kalo sekolah saya buatkan bekal nasi goreng, nasi plus sayur, tahu dan lain-lain, Meigha jarang bawa kue atau jajan diluar “ terang Ibu Santi. Beliau juga menambahkan bahwa anak yang vegetarian itu lebih sehat, tidak kekurangan gizi dan jarang sakit , asal kita dapat memberi makanan yang cukup vitamin, protein, plus minum susu kedelai, sehingga memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan. Selain masakan Ibunda tercinta yang menjadi andalan menu sehari-hari Mei mei, soto Jakarta ala Restoran Loving Hut Jakarta juga menjadi menu favorit gadis manis ini.

 

“Dengan vegetarian, selain baik untuk kesehatan, juga dapat melatih cinta kasih yang universal kepada semua makhuk di bumi ini “ begitu alasan Ibu Santi menjadi vegetarian. Bertempat tinggal di Taman Vila Meruya, Tangerang, Ibu Santi dan keluarga sangat peduli akan lingkungan sekitarnya. “ Dirumah, kami membuat lubang biopori, sampah dipisahkan antara plastik dan sampah sayur yang bisa ditaruh di lubang biopori untuk nantinya menjadi pupuk” jelas Ibu Santi. “Ini salah satu cara memberi contoh kepada Mei mei tentang cara mencegah Global Warming, namun sebenarnya dia sudah tahu sendiri, saya selalu mengajak Meigha dalam kegiatan menyebarkan leaflet Global Warming atau kegiatan Walk Of Love yang diadakan Pusat Center Meditasi Quan Yin, Supreme Master Ching Hai, Jakarta. Saya berharap Meigha bisa menjadi anak yang berhasil dalam cita-citanya, sehat dan cinta kasihnya bertambah secara universal.” lanjut Ibu Santi. Yup, betul Ibu Santi, Be Veg, Go Green, and Save Our Planet :)

Rayakan Natal dengan Utrechtse Sprit Vegetarian

December 21, 2008 By: Pradnyamita Category: Dapur Vegetarian

utrechtse sprit

Natal hampir tiba, aduh senangnya, banyak pohon natal dimana-mana, pernak-pernik hiasan natal dipajang disetiap toko, bikin suasana rame, ceria dan juga meriah. Penjual – penjual terompet tahun baru pun sudah mulai berbaris di setiap sudut trotoar jalan. Natal tahun ini, ajaklah semua keluarga menikmati kue dan hidangan yang menghangatkan suasana, salah satunya kue kering Utrechtse Sprit Vegetarian. Dijamin rasanya seru abis, nggak kalah dengan buatan toko, bikinnya mudah dan bahan-bahannya gampang. Simak nih resepnya :

BAHAN:

  • 250 gr terigu
  • 25 gr maizena
  • 150 gr gula halus
  • 200 gr mentega
  • 50 cc susu cair
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdm citroen essence

Cara Membuat:

  • Mentega, gula, vanili mixer sampai rata
  • Masukkan susu cair + citroen essence, aduk dg spatula sampai rata
  • Lalu masukkan terigu, maizena dan baking powder. Aduk sampai rata
  • Adonan di pipihkan dengan gulungan, lalu cetak dengan cetakan sawa
  • Kemudian panggang hingga matang

Nah mudah kan, jangan lupa, sisihkan kue kering buatanmu untuk orang tercinta, taruh dalam wadah kotak atau toples yang cantik, beri sedikit sentuhan pita dan juga ucapan selamat. Happy New Year and Merry Cristmas 2008. (referensi)

Manfaat Vegetarian

December 19, 2008 By: Pradnyamita Category: Global Warming, Kesehatan

daging sumber penyakit

 

 

 

 

Kalo mau selamat dijalan, pakailah helm, dan kalo mau hidup sehat, ya vegetarian! Nggak bakalan rugi koq menjalani pola makan vegetarian ini, selain kita mendapatkan banyak manfaat dari khasiat buah dan sayur, kita juga menjadi pahlawan penyelamat lingkungan. Lho koq bisa? Ya, karena dengan vegetarian kita telah:

  • menghemat air lebih dari 70%
  • menyelamatkan lebih dari 70% hutan hujan di Amazon dari pembukaan hutan untuk peternakan
  • solusi bagi kelaparan dunia, karena membebaskan 3.433 juta hektar tanah setiap tahun dan membebaskan 760 ton biji-bijian setiap tahun (separoh pasokan biji dunia)
  • memakai 2/3 lebih sedikit bahan bakar fosil daripada yang dipakai untuk produksi daging
  • mengurangi polusi dari limbah hewan yang tidak diolah
  • menjaga udara lebih bersih
  • dan yang paling dasyat, dengan vegetarian akan menghentikan 80% pemanasan global

 

Itulah mengapa dengan vegetarian, kita sekaligus juga ikut menyelamatkan lingkungan, bahkan pemanasan global. Tapi nggak cukup berhenti di situ saja, dari segi kesehatan, manfaat dari vegetarian juga nggak kalah hebatnya, ini manfaatnya:

  • menurunkan tekanan darah tinggi
  • menurunkan level kolesterol
  • mengurangi diabetes level 2
  • mencegah kondisi stroke
  • melawan aterosklerosis (kelainan pembuluh darah jantung)
  • mengurangi resiko sakit jantung 50%
  • mencegah berbagai bentuk kanker
  • sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat
  • IQ yang lebih tinggi
  • menaikkan harapan hidup 15 tahun

 

Nah, jadi nggak ada alasan menunda-nunda jadi vegetarian, selain manfaatnya besar, investasi kesehatan terjamin, hemat biaya (waktu dan energi), plus menyelamatkan bumi, vegetarian juga menjadikan kita lebih welas asih terhadap semua mahkluk (nggak bakalan ada perang!!!). GO VEGE, GO GREEN AND SAVE THE PLANET. (referensi)

Vegetarian sekarang, untuk investasi masa depan

December 18, 2008 By: Pradnyamita Category: Global Warming, Kesehatan

Stop Makan Daging
Seperti nabung, makanan yang masuk dalam tubuh kitapun juga investasi untuk masa depan. Jika nggak mulai dari sekarang diberikan makanan yang baik, sehat, bergizi dan aman, maka tubuhpun akan berontak. Berontak lewat penyakit yang ditimbulkan, berontak bahwa sudah banyak tumpukan kolesterol dan sebagainya. Nggak percaya? Makan daging banyak banget menimbulkan penyakit, para penghuni RS saat ini, rata-rata adalah para pengkonsumsi daging kelas berat. Mau tahu penyakit yang ditimbulkan jika makan daging, berikut contohnya: Penyakit lidah biru, E. coli, Infeksi Salmonella, Flu burung, Penyakit sapi gila, Penyakit Babi (PMWS), Listeriosis (keracunan bakteri makanan), keracunan kerang-kerangan, Preeklampsia (hipertensi kehamilan), Infeksi Kampilobakter (bakteri hewan) dan sebagainya.

Selain itu, banyak banget kerugian yang ditimbulkan akibat makan daging ini, baik secara kesehatan maupun lingkungan. Secara kesehatan, kerugian yang ditimbulkan adalah banyaknya pengeluaran yang diperlukan untuk penyakit akibat makan daging, contohnya:

PENYAKIT JANTUNG

· Lebih dari 17 juta jiwa meninggal setiap tahun di seluruh dunia

· Biaya penyakit kardiovaskular paling sedikit US$ 1 triliun per tahun

KANKER

· Lebih dari 1 juta penderita baru kanker kolon (usus besar) didiagnosis setiap tahun

· Lebih dari 600.000 kematian yang berhubungan dengan kanker kolon setiap tahun

· Di Amerika Serikat saja, pengobatan kanker kolon menelan biaya sekitar US$ 6,5 miliar

· Jutaan orang didiagnosis sebagai penderita baru kanker yang berhubungan dengan konsumsi daging setiap tahun

DIABETES

· 246 juta orang terkena akibat diabetes di seluruh dunia

· Kira-kira US$174 miliar dihabiskan untuk pengobatan setiap tahun

KEGEMUKAN

· 1,6 miliar orang dewasa di dunia kelebihan berat dengan 400 juta lebih yang sangat gemuk

· US$93 miliar setiap tahun dihabiskan untuk biaya pengobatan di Amerika Serikat saja

· Sedikitnya 2,6 juta orang meninggal setiap tahun akibat masalah yang berkaitan dengan kelebihan berat badan atau kegemukan

 

Global WarmingSelain itu, dilihat dari segi lingkungan mengkonsumsi daging juga sangat merugikan, karena produksi daging dari sebuah peternakan telah menggunakan hingga 70% air bersih, mengotori sebagian besar badan air, terjadi penebangan paru-paru Bumi, peternakan mengonsumsi hingga 43% sereal di dunia, peternakan juga mengonsumsi hingga 85% kedelai dunia, menyebabkan kelaparan dunia dan perang dan parahnya 80% penyebab pemanasan global sekarang ini adalah karena makan daging. Jadi jika ingin sehat, serta menyelamatkan bumi ini, jadilah vegetarian. (referensi)


Switch to our mobile site